Senin, 20 April 2020

Langkah Kerja Pembuatan Database dengan MS.Access 2019

  Hai blogger , pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan tutorial bagaimana cara membuat
Tabel KARYAWAN dan  FORM DATA KARYAWAN menggunakan MS.Access 2019. Di aplikasi Ms.Access ini ada banyak sekali manfaat yang bisa kita lakukan , seperti :
  • Untuk membuat laporan keuangan.
  • Untuk membuat program aplikasi gaji karyawan.
  • Untuk membuat form dan sub form.
  • Untuk membuat program aplikasi jumlah peserta didik.
  • Untuk membuat basis data.
  • Untuk membuat program aplikasi persediaan barang.
  • Untuk membuat program aplikasi daftar hadir.
  • Dan lain-lain.
  Sebelum kita memulai membuat database sebaiknya kita memahami terlebih dahulu dasar dasar yang digunakan seperti query,tabel,query design,form design dll.Table merupakan objek pertama yang harus kita buat dulu sebelum kita membuat yang lain nya karna ini akan menjadi dasar database program yang kita buat. Dan Form design sendiri adalah tempat atau layout kita mendesign program dan database yang akan kita buat seperti gambar di atas itu sebuah design yang saya buat. Agar bisa jelas nya tentang pengertian tabel,query, query design dan lain-lain.


Langkah Pembuatan :

  Untuk gambaran yang akan nanti kita buat , kita akan membuat dengan 6 tombol 'button' ,2 'rectangle' , 1 ' Iabel' , 1 'subform / subreport'.

1. Buka Aplikasi MS.Access 2019 nya.
2. Lalu pilih "Blank Database", lalu beri nama filenya & klik "create" .
pilih Blank Document
3. Kemudian pada menu bagian atas pilih “create” kemudian “Table Design”, buat seperti gambar di bawah. (Kode_Karyawan, Nama, Alamat, Kota, Jenis_Kelamin, Server).
pilih "create" & "Table Design"
isi menyerupai gambar berikut
4. Kemudian “save” dan beri nama seperti di gambar.(tbDataKaryawan), kemudian pilih “View”.
(ctrl + s) untuk meng-savenya
5. Selanjutnya pada menu “create” pilih “Form Design”, buat sesuai keinginan atau pelajari dahulu dasarnya seperti di gambar.

 pilih "form design"
bahan - bahan
 6.Tambahkan “Label dan Rectangle" untuk membuat Judul dan halaman.
(label & Rectangle) 
7. Jika sudah, klik pada bagian ujung atas kiri, kemudian pilih data pada property dan pilih \ kemudian pilih table yang kita buat tadi.
klik kotak di sudut kiri atas

8. Lanjut pilih “add existing field” pada menu “design”, pilih semua kemudian seret ke form desain. Kemudian susun lah.
selanjutnya tinggal seret ke form design

tinggal di design :)

9. Kemudian tambahkan “Button”, Pilih menu yang di inginkan, pertama pilih “record operation > save record” kemudian next, next dan finish. Sesuaikan sesuka teman-teman.(untuk edit ada pada bagian format).
pilih button

10.Kemudian tambahkan “Subform/subreport”, Ikuti gambar di bawah ini.


11.Selanjutnya buat button untuk me record datanya
susun seperti di gambar
12.Ubah tampilan menjadi Form view untuk menampilkannya


13.Langkah terakhir tinggal kita isi data nya :D dengan cara mengklik  add , tombol save untuk menyimpan data , tombol delete  untuk menghapus data yang sudah ter rekam .

14.Untuk melihat hasil nya bisa lihat di table yang di awal kita buat tadi , jika belum muncuk bisa klik refresh pada bagian bar atas.

Oke, Sekian tutorial singkat cara membuat table karyawan dan form data karyawan. Semoga dapat mudah di pahami oleh teman-teman semuanya, Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar